Sabtu, 09 Oktober 2010

Laporan Magang

BAB I

PENDAHULUAN


1.1        Latar Belakang
   Pelabuhan merupakan suatu tepian dimana kapal-kapal dan perahu-perahu dapat merapat dan membuang jangkar untuk bisa melakukan bongkar muat barang, menaik turunkan penumpang dan kegiatan lainnya. Sarana penunjang perkembangan dan pertumbuhan kehidupan masyarakat dalam suatu wilayah. Semakin lancar sarana perhubungan pada suatu wilayah, semakin pesat pula perkembangan dan pertumbuhan wilayah tersebut. Hal ini dikarenakan oleh sistem mobilisasi barang dan jasa yang berjalan lancar dan efisien. Pemerintah dalam usahanya meningkatkan taraf hidup bagi seluruh rakyat membangun sarana-sarana dan fasilitas-fasilitas umum di segala bidang, salah satu di antaranya adalah prasarana perhubungan laut dan sungai dalam hal ini adalah Dermaga. Pertumbuhan penduduk dan meningkatnya Lalu lintas laut dan sungai serta kemajuan teknologi merupakan faktor mendesaknya kebutuhan akan prasarana darmaga penghubung yang baik. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berusaha meningkatkan prasarana perhubungan antar kota atau daerah  melalui pembangunan  Darmaga di Sungai Lumpur Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan.
Ditinjau dari sudut tofografis sebagian besar berada pada dataran rendah dengan dominasi rawa dan sungai, daerah pasang surut dan hutan dalam kategori perdu hingga tanaman keras pada beberapa tempat. Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Dermaga yang dilaksanakan Departemen Perhubungan Direktorat Jenderala Perhubungan Darat Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyemberangan (LLASDP) Sumatera Selatan yang bekerja sama dengan     PT. Karyatama Saviera, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan prasarana Demaga Sungai Lumpur Kabupaten Ogan Komering Ilir.

1.2        Maksud dan Tujuan Penulisan
Adapun maksud dan tujuan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Dermaga yang dilaksanakan Departemen Perhubungan Direktorat Jenderala Perhubungan Darat Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyemberangan (LLASDP) Sumatera Selatan yang bekerja sama dengan PT. Karyatama Saviera, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan prasarana Dermaga Sungai Lumpur Kabupaten Ogan Komering Ilir dan sekitarnya. Oleh karena itu, dengan Pembangunan Dermaga Sungai Lumpur Kabupaten Ogan Komering Ilir akan mendukung peningkatan sarana transportasi, komunikasi, dan distribusi, sehingga perekonomian masyarakat setempat dan sekitarnya dapat meningkat pula. Di samping itu, juga untuk mempertahankan kondisi dermaga guna memperlancar arus lalu lintas dan menambah kenyamanan pemakai dermaga.
Penulisan laporan ini dimaksudkan untuk lebih memahami bagaimana proses Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Dermaga. Dengan adanya penulisan ini diharapkan Mahasiswa yang telah melakukan Kerja Praktek mampu menuangkan hal-hal yang diamati di lapangan ke dalam sebuah laporan yang tentunya akan sangat berguna untuk kemajuan bersama.

1.3        Metode Pengumpulan Data
Pada laporan ini dijelaskan uraian umum dan detail yang dilengkapi dengan keterangan-keterangan teknis yang didapat dari berbagai pihak sehingga diperoleh gambaran mengenai Kegiatan ini.
Dalam penyusunan Laporan Kerja Praktek ini, menggunakan metode deskriptif yang berdasarkan pada :
1.      Penelitian Lapangan (Field Research)
-         Pengamatan langsung ke lapangan
-         Tanya jawab dengan pelaksana Kegiatan
-         Penjelasan dari direksi pengawasan Kegiatan
-         Pedoman dari Rencana Kerja dan Syarat-syarat pekerjaan (RKS), spesifik umum serta job mix (pekerjaan merencanakan campuran material yang bertujuan untuk mengetahui jumlah bahan atau material yang digunakan di lapangan) dan back up data lapangan.

2.      Studi Pustaka
-         Menganalisa pekerjaan sebelum pelaksanaan pekerjaan konstruksi yaitu pemancangan, konstruksi beton, ponton dan bangunan pendukung lainnya. Bahan kuliah yang ada relevansinya dalam pembahasan Laporan Kerja Praktek.
-         Menganalisa secara konteks data dan masalah yang diperoleh dari lapangan untuk mengkontruksikannya dalam suatu kesimpulan.

1.4        Ruang Lingkup Penulisan
Pembahasan dalam laporan kerja praktek ini membahas mengenai tinjauan pelaksanaan pekerjaan Tiang Pancang.

1.5     Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ini disusun bab demi bab yang di mana tiap-tiap bab dibagi lagi menjadi beberapa bagian yang akan diuraikan lagi. Hal ini dimaksudkan agar setiap permasalahan yang akan dibahas dapat segera diketahui dengan mudah.

Adapun penguraiannya sebagai berikut :
Bab I      Pendahuluan
      Dalam bab ini diuraikan latar belakang, tujuan pelaksanaan Kegiatan, perumusan masalah, metode pengumpulan data dan juga sistematika penulisan. Adapun dalam bab ini diberikan penjelasan secara umum dan garis besarnya.


Bab II  Tinjauan Umum
       Pembahasan dalam bab ini adalah mengenai data umum dan data teknis yang berhubungan langsung dengan Kegiatan ini. Dan juga memuat data yang lain seperti rencana kerja, kemajuan fisik mingguan, denda keterlambatan dan juga prosedur-prosedur antar pihak pemilik dengan kontraktor. Pengorganisasian merupakan suatu sistem yang harus dimiliki suatu Kegiatan Oleh karena itu, dalam bab ini dijelaskan struktur-struktur organisasi yang diperlukan serta tugas dan kewajiban setiap jabatan.

           Bab III Tinjauan Pustaka
Landasan teori membahas pelaksanaan pekerjaan tiang pancang.

           Bab IV Pembahasan
Dalam bab pelaksanaan Kegiatan ini akan dijelaskan tahapan pelaksanaan pekerjaan di lapangan.

            Bab V Penutup
Dalam Bab penutup berisikan kesimpulan dan saran dari hasil Kerja Praktek yang telah dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar